Thursday, November 28, 2013

Sekilas SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

.
KULIAH anda hari ini:

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen



1. Transaction Processing Systems

Transaction processing systems (TPS) akan mencatat dan memproses data hasil dari tranksaksi bisnis, contohnya seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan, menghasilkan informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal.
contoh : gaji karyawan, kuitansi penjualan, formulir pajak dan rekening keuangan.

2. Process Control Systems


Process control systems (PCS) yang berfungsi untuk mengatur proses produksi fisik yang secara otomatis dibuat oleh komputer.

3. Office Automation Systems

Office automation systems (OAS) berfungsi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mengirim data dan informasi dalam bentuk komunikasi kantor elektronik.
Contoh dari office automation (OA) adalah word processing

4. Information Reporting Systems

Information reporting systems (IRS) menyediakan informasi produk bagi manajerial end users untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan dari hari ke hari.

5.  Decision Support Systems

DSS adalah sistem informasi berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan database khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajerial end users.
contoh, program kertas kerja elektronik memudahkan manajerial end user menerima respon secara interaktif untuk peramalan penjualan atau keuntungan.

6. Executive Information Systems

Executive information systems (EIS) adalah tipe SIM yang sesuai untuk kebutuhan informasi strategis bagi manajemen atas. Tujuan dari sistem informasi eksekutif berbasis komputer adalah menyediakan akses yang mudah dan cepat untuk informasi selektif tentang faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen atas.


Contoh Aplikasi Sistem Informasi Manajemen 

 



Sistem Informasi Manajemen PT. LG Electronic Indonesia dalam Mengendalikan Inventori.

PT LG Electronics Indonesia memiliki sebuah portal yang dapat diakses oleh para karyawan PT LG Indonesia tersebut yang berada di seluruh indonesia, yang dinamanakan LG Electronics Enterprise Portal atau biasa disebut LGEP. Seluruh karyawan memiliki akses untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan di portal ini. Akses tersebut berupa email resmi dari PT.LG yang dapat dipakai untuk log in ke dalam portal untuk mendapatkan atau memberikan informasi terbaru mengenai data perusahaan. Sistem yang digunakan oleh PT.LG Electronics Indonesia ini ialah Global Digital Logistic System (GDLS) yang digunakan untuk mengendalikan invertori milik perusahaan.

Fungsi dari sistem GLDC :
  • Mengetahui pengiriman barang dari pusat ke cabang atau sebaliknya
  • Membuat jadwal - jadwal pengiriman barang meliputi tujuan, rute perjalanan, dan no.Truk yang digunakan
  • Mendapat informasi mengenai persediaan barang yang tersedia.
  • Mengetahui adanya pengembalian barang yang dikarenakan tidak laku atau barang rusak.
  • Mengetahui nilai barang yang telah dikirim / diterima termasuk biaya tambahan lainnya.

Beberapa fungsi dan tujuan dari Subsistem GLDC :

Delivery
Digunakan Untuk membuat jadwal pengiriman barang, konfirmasi pengiriman, mengalokasikan truk yang digunakan, mengetahui status pengiriman dan mengetahui pengiriman barang yang tertunda atau terlambat.

Cost
Digunakan untuk me-manage berbagai faktor pengiriman yang terdiri dari biaya-biaya lain, kondisi barang, tujuan pengiriman, tarif dan untuk mengetahui apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman.

Stock
Digunakan untuk mengetahui status penerimaan barang dan perhitungan fisik persediaan barang di gudang.

Return
Digunakan untuk mengetahui tentang adanya pengembalian barang yang tidak laku dan barang rusak.



Karena dengan adanya system GDLS ini, seluruh pegawai PT. LG Electronics Indonesia dapat mengetahui bagaimana kondisi inventori perusahaan yang berada di gudang pusat maupun cabang.
[ by: Fajar Subhiyanto, S.Pd., S.Kom ] Begitu pula, apabila terjadi masalah atau kesalahan yang berhubungan dengan inventori sehingga dapat segera diatasi langsung oleh pegawai yang berwenang. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas biaya dan kinerja perusahaan.

 Ada beberapa komponen-komponen dalam pendukung SIM, yaitu :

1)  Sistem Database
Database memuat seluruh data perusahaan yang peranannya sangat penting, bagi kelancaran organisasi, sehingga dibutuhkan suatu manajemen pengolahan yang baik.

2) Decission Support System
Didefinisikan sebagi penerapan system informasi yang membantu aktivitas pengambilan keputusan. DSS di gunakan dalam perencanaan untuk menganalisis alternative serta pemecahan melalui salah satu sistem yang ada.

3) Information Resource Management ( IRM )
Merupakan cara pendekatan terhadap manajemen yang didasarkan atas konsep pemikiran bahwa informasi merupakan sebuah konsep organisatoris. [contac person: email: fajarsubhi@yahoo.co.id ] Ruang lingkup IRM mencakup komunikasi data dan pemrosesan kata.

4) User Machine System
Diartikan bahwa perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.

5) Synergystic Organization
Merupakan sifat pengaturan kerjasama sehingga hasil produksi total dari seluruh anggota organisasi (totalitas) lebih besar daripada jumlah hasil anggota organisasi itu.


• Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional

Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
a. Sistem Administrasi dan Operasional
b. Sistem Pelaporan Manajemen
c. Sistem Database
d. Sistem Pencarian
e. Manajemen Data

• Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik

Komponen Sistem Informasi Manajemen secara fisik adalah keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan sistem informasi manajemen. Komponen-komponen tersebut meliputi:

a. Perangkat keras:
•        Komputer (CPU, Memory)
•        Pesawat Telepon
•        Peralatan penyimpan data (Decoder)

b. Perangkat lunak
•        Perangkat lunak yang umum untuk pengoperasian dan manajemen data
•        Program aplikasi

c. DataBase
•        File-file tempat penyimpanan data dan informasi
•        Media penyimpanan seperti pita komputer, paket piringan.

d. Prosedur pengoperasian
•        Instruksi untuk pemakai
•        Instruksi penyiapan data sebagai input
•        Instruksi operasional

e. Personalia pengoperasian
•        Operator
•        Programmer
•        Analisa sistem
•        Personalia penyiapan data
•        Koordinator operasional SIM dan pengembangannya

No comments: